Bahaya soft lens


Mau tau kenapa bahaya? Apa yang disebabkannya? Dan apakah akibatnya?

Berikut ini merupakan tulisan dari seseorang yang memiliki id: fauzilhanif di suatu forum Indonesia yaitu kaskus.
Ini dia::

Bahaya Soft Lens

Apakah anda konsumer yang kerap kali menggunakan soft lens (lensa kontak)? Memang di zaman serba canggih saat ini banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk menyempurnakan penampilan. Sebut saja salah satu cara simple adalah dengan menggunakan soft lens. Ini bukan suatu hal yang langka untuk di konsumsi dari berbagai kalangan. Tidak hanya dewasa saja, tingkat remaja pun banyak terlihat asyik ’menikmati’ lensa lembut yang dipasang pada mata ini.

Soft lens berfungsi untuk memperindah bola mata yang memiliki beberapa variasi warna pilihan, atau sebagai salah satu alternatif bagi mata mereka yang kekuatan penglihatannya kurang dan enggan menggunakan kacamata. Nah, mungkin dengan menggunakan soft lens dirasa agak praktis. Namun apa jadinya kalau soft lens dapat merusak mata indah anda. Memang sosialisasi terhadap bahaya pengguna soft lens masih asing terdengar di telinga kita.

Berdasarkan hasil penelitian sejak tahun 2003 yang dilakukan tim dokter dari Pusat Kornea, Universitas Illinois, Amerika Serikat, terjadi peningkatan jumlah kasus infeksi mata serius yang disebut dengan Acanthamoeba Castellani.

Acanthamoeba castellani adalah suatu mikroorganisme yang banyak ditemukan pada air terkontaminasi. Nah, kontaminasi ini sering terjadi pada tempat penyimpanan soft lens milik anda. Seperti kurangnya menjaga higienitas saat menyimpan atau tidak mensterilkan lensa kontak dengan benar, akibatnya dapat menimbulkan infeksi pada mata. Penyakit mata ini biasanya disebut dengan Acanthamoeba Keratitis (AK) yang disebabkan oleh Acanthamoeba Castellani (tanyadokteranda.com).

Menurut Dr. Charlotte Joslin, ada 63 kasus yang teridentifikasi AK akibat menggunakan lensa kontak, hingga akhir tahun 2006. Dan biasanya 2-3 kasus per tahun. Hasil tersebut memberikan bukti, perawatan lensa kontak yang tidak sesuai aturan akan meningkatkan risiko infeksi (pikiranrakyat.com/8 Januairi 2009).

Sekilas terlintas diingatan saya, kala itu jeda rutinitas belajar di kampus, Jumat, 26 Desember 2008, salah satu teman saya bercerita tentang infeksi mata akibat soft lens. Sontak saya pun menyimak apa yang ia katakan. Karena saya juga merupakan salah satu pengguna soft lens.

Samira (22) namanya. Ia adalah mahasiswa jurnalistik, IISIP Jakarta, yang kerap kali menggunakan soft lens. ”Kadang kalau tidur malam tidak dilepas. He-he-he,” ujar wanita ini santai. Ia beralasan malas buka pasang soft lens karena tidak merasakan perih di mata.

Namun kekhawatiran Mira –akrab disapa- menggunakan soft lens muncul karena salah satu temannya, Maria (21), mengalami infeksi di kedua matanya. Dan membutuhkan perawatan dokter. Entah seperti apa cara Maria menggunakan soft lens, Mira tidak menjelaskan secara detail.

Hanya saja, kata dia, Maria memang saban harinya tergantung pada soft lens karena cara ini dirasa praktis ketimbang menggunakan kaca mata. Namun ia (Maria) juga pernah mengeluh sewaktu menggunakan soft lens, karena merasa tidak nyaman di mata, dan sering kali soft lens bergeser dari retina mata, serta pandangan mata terasa kabur. Padahal, kata Mira, soft lens yang dibeli Maria tersebut terbilang mahal, di salah satu optik ternama di Jakarta.

Ternyata bukan suatu jaminan juga jika kita membeli soft lens di salah satu optik ternama atau optik-optik counter biasa lainnya. Kita tentu menginginkan soft lens yg dibeli tersebut terjamin dengan ke-sterillan-nya. Pada waktu pertama kali menggunakan soft lens, pengguna biasanya sudah diingatkan untuk dapat menjaga higienitas soft lens. Juga dianjurkan sekaligus membeli air mineral atau air rendaman soft lens jika lagi tidak dipasang pada mata.

Tak ayal, setelah mengetahui keadaan Maria tersebut, kini Samira kembali menggunakan kacamata, sebelah kanan minus 4 dan sebelah kiri minus 3. ”Sekarang nggak pake soft lens, lagi. Aku jadi takut. Pake kacamata, cari aman aja,” cetus wanita berjilbab ini serius.

Selain dapat menimbulkan infeksi pada mata karena tidak mengetahui cara menggunakan soft lens yang baik dan juga tidak menjaga higienitas soft lens, lambat laun bisa menimbulkan katarak pada mata. Apa itu katarak? Seperti apa gejala-gejala katarak timbul? Bagaimana cara pencegahannya?

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata, yang menyebabkan penglihatan seseorang menjadi buram, bahkan lama-kelamaan dapat menimbulkan kebutaan. Hal ini dikarenakan cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina, akibat terhalang oleh lensa yang keruh, biasanya berwarna keputih-putihan. Sebagian besar katarak disebabkan oleh proses penuaan atau lanjut usia. Tapi tak bisa dipungkiri hal ini juga berakibat mereka yang berusia muda dan tergolong sehat. Salah satunya pada pengguna soft lens, yang saya jelaskan di atas.

Apakah penyebabnya? : Dapat bermacam-macam, umumnya karena usia lanjut, infeksi virus, genetik, gangguan pertumbuhan, gangguan metabolisme seperti Diabetus Mellitus (DM), traumatik, obat-obat steroid, rokok dan alkohol dpt meningkatkan risiko terjadinya katarak.

Biasanya gejala berupa keluhan penurunan tajam penglihatan secara progresif (spt rabun jauh memburuk secara progresif). Penglihatan seakan-akan melihat asap dan pupil mata akan bertambah putih. Pada akhirnya apabila katarak udah matang pupil akan tampak benar-benar putih, sehingga refleks cahaya pada mata menjadi negatif. Bila katarak dibiarkan maka akan mengganggu penglihatan dan akan dapat menimbulkan komplikasi berupa glaukoma dan uveitis.

Pengobatannya: Satu-satunya cara adalah dengan pembedahan, yaitu lensa yang telah keruh diangkat dan sekaligus ditanam lensa intraokuler sehingga pasca operasi tidak perlu lagi memakai kacamata khusus (kaca mata aphakia). Setelah operasi dijaga jangan sampai terjadd infeksi.

Pencegahannya: Disarankan agar banyak mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung Vit C, Vit A, Vit E.

Ulkus kornea akibat lensa kontak (koleksi PPDS Mata UA):
Ulkus kornea akibat lensa kontak
Lensa kontak warna warni sangat disukai kaum muda. Tapi tahukah anda perlunya waspada bahaya perlukaan “erosi” kornea hingga terjadi ulkus “borok” pada mata. Saat memakai lensa kontak, permukaan kornea yang sesungguhnya sangat sensitif menjadi teranestesi (kurang peka). Disinilah bahayanya, mata menjadi kurang peka, sehingga bila ada perlukaan pengguna lensa kontak tidak menyadari. Dari mata merah hingga timbul suatu ulkus “borok”. Dan bila sudah sampai pada ulkus, seringkali terjadi gejala sisa yaitu sikatrik kornea yang tentu saja dapat mengganggu penglihatan hingga kebutaan bila terdapat di sentral kornea.

tulisan asli ada disini: http://gurls.tk/1U klo mw download disini.
Link sumber sudah tidak aktif :(

mw liat info mata-mata lain ada disini: http://gurls.tk/fnsGP

This site Powered by:
www.BisnisPLus.com | www.JUALid.com | www.smart1host.com | www.ABoedMan.com

About aboedman

Arief Budiman | B 1987 PM (VirgoBoy) | ab0806in:ab0112st | single | GUNDAR '12 | YUPTA1 '06 | NEVATA '03 | SDCIPON4 '00 | Need MyHelp? (subject: aboedman's blog) | Email: mail2aboed-arief@yahoo.co.id | www.bisnisplus.com
This entry was posted in Info, kesehatan, softlens and tagged , , . Bookmark the permalink.

78 Responses to Bahaya soft lens

  1. devii says:

    saya pake soflents nih saya kls 9 smp saya memakai soflents hnya untk bergaya hehe. terus setiap selesai memakai soflents mata saya agak gak enak gitu, apa itu bahaya?

  2. annisa says:

    ka, aku mau nanya. aku kelas 9 smp. mau coba pake softlens, kalo softlens buat anak smp kayak aku yang kadar airnya tinggi atau rendah? aku udah minus 4 kalo pake softlens minus 3 gapapa? terus nanti pengaruh ke matanya engga? minusnya turun atau naik gitu? makasih ka

  3. Rizalia Fatmalasari says:

    numpang tanya kak .. aku kan baru beli softlens stelah beberapa bulan ngga pake softlens . tp aku belinya beda merk . dan diameternya lebih besar tp saat aku pakai kok rasanya malah terasa sangat mengganjal dan seperti kelilipan debu terus ya kak ? itu kenapa ? mataku atau softlensnya yg bermasalah ?

  4. Sasha says:

    numpang tanya, saya baru aja beli softlense merknya lumayan. dr dulu juga pakainya itu. tp yg terakhir ini agak aneh, lensa sebelah kanan ga pernah mau pas di tengah, kalau saya mengedipkan mata lensanya selalu nyangkut di kelopak. padahal sudah saya cek ga ada yg robek, dan exp datenya masih 2018. itu gmn ya? thx before

    • tria mahiryya says:

      Kalo menurut saya, itu lensa nya kebalik.. sebenarnya lensa di buat agar pas pada bola mata tp kalo pemakaian lensanya kebalik maka akan bergeser geser

  5. lisa safira says:

    pengeen tanya nih :)
    saya udah laama dulu pake softlense, ternyata softlense yg saya pakai kurang bagus kemudian saya lepas, trus saya beli yg bagus dan lumayan mahal, kadar air nya tinggi dan berdiameter lebih besar, saat saya pakai 1 jam pertama tidak apa apa, tetapi setelah 4-5 jam di pakai mata saya memerah awalnya hanya keluar pembuluh darah seperti biasa, saya hiraukan , teman saya juga bilang saat saya menggunakan softlense mata saya terlihat seperti “menangis” berair padahal saya tidak merasa sakit sedikit pun dimata…
    tolong jawabannya ya terima kasih :)

  6. heti pipit says:

    malem ka .aku mau nanya nih,kan aku pertama kali pake softline.tapi tiba2 mata aku panas trus jadi pusing.itu kenpa ya ka ? aku tkut mata aku inpeksi:(,bls ya ka.makasih

    • aboedman says:

      Sebelum menggunakan softlens pastikan mata anda tidak kering. Bila kering teteskan obat tetes mata dahulu dengan cairan khusus pengguna softlens. dan (tangan + softlens) dalam keadaan sterile.

      Dianjurkan ke dokter spesialis mata untuk konsultasi lebih lanjut.

  7. akmalclever says:

    umur bwat pke soflens itu brp ?, apa bisa klas 2 smp ( 13 thun ) pke soflens ?? mohon d jwb ??

  8. Fia says:

    Kak, mata aku kan minus 1.apakah boleh memakai softlens warna-warni?? aku baru pemula, pertama aku pake rasanya pusing kayak gimana gituh.aku khawatir mata aku kenapa-napa tapi aku gak ngerasa perih/iritasi.tapi boleh nggak kak kalo pemakaian softlensnya lbh dr 1 hr untuk pemula? apa blh menggunakan softlens minus yg warna-warni? terima kasih kak,aku tunggu jawabannya :)

    • aboedman says:

      Gpp mba,, memang biasanya begitu karena mata belum terbiasa memakai softlens… tidak disarankan untuk beru pertama kali memakai softlens selama 1 hari..
      tapi klo matanya gpp ya silahkan.. untuk lebih lanjut kosultasikan dengan dokter anda..

  9. Sely says:

    Kk mau tanya nih.
    Ktny klo mau pke softlens it sblm pke make up ya apa lg saya klo brngkt ke sekolah tuh pake motor. Lha ini ni mslhnya, “ap aman klo d pke stlh makeup & berkendara?”
    tlng blsannya kk ^o~d
    soalnya tkt klo bhya. Makasih buat infonya juga. ^^

  10. nindy says:

    mba saya dlu sering make softlens, tapi akhir2 ini jarang.
    sebulan yg lalu saya beli softlens, tpi baru make sekali trus saya simpen.
    tapi airnya yg diwadah itu, belum saya ganti2.
    itu bahaya ga mba kalau saya pake lagi?

    • aboedman says:

      yups,,, jadi memang seharusnya air itu diganti maksimal 1 minggu sekali klo tidak digunakan.. ya lebih baik klo mw digunakan ya dicuci dulu seperti biasa menggunakn air khusus untuk softlens itu..

  11. FranzYingXiong says:

    Permisi mw nnya donk mba.saya br pake softlens..pertama saya pake mata sebelah kiri saya seperti ada yang mengganjal kemudian saya beli lagi dg harga yg lebih mahal dan lebih lembut lalu giliran mata kanan saya yg perih spt kena asap.perih dan berair..apa itu normal karena matanya belum terbiasa dg softlens..

    • aboedman says:

      Ya seharusnya seperti tidak memakai softlens,,
      atau paling tidak mengganjal sedikit karena softlens itu ada di mata..
      silahkan hubungi dokter anda untuk lebih lanjut..

  12. dea says:

    Mbak nanya donk . saya baru beli softlens kok mata saya memerah dan buram kenapa ya mbak ?
    jawab ya mbak ..

    • aboedman says:

      Iya,, pemakaiannya sudah bener belum..? Semua harus streril,, bersih.. klo memang sudah benar,, perhatikan juga softlens’ya apakah sudah rusak belum (gores sedikit pada softlens sangat berpengaruh) klo sudah beres semua berarti kurang cocok,,
      silahkan hubungi dokter untuk lebih lanjut

  13. Iva says:

    Saya mau tanya,,, kan saya beli softlens 3bln kalau softlens belum d buka apa 3bln berikutnya sudah kadaluarsa apa belum,,,
    mohon infonya ea,,, mksh,,,

  14. Alif Al Fiani says:

    Sayah pengguna soflens . Udah 3x sayah membeli softlens . Tapi hanya sekedar buat gaya doang :)
    hemm.. Pertama memakai softlens terasa nyaman juga baik baik ajah .. Tapi sayah pernahh memasang softlens mata sayah berair juga memerah .. Abis itu berkedipp perihh.. Sayah copott lensanyah .. Dikira sayah kotor , sayah rendem make air . Terus sayah pake lagi .. Tetep ajah perihh , mata sayah memerah dan sa’at berkedipp terasa ada yang mengganjal gitu :D
    kira-kiraa apa penyebabnyah ??

    Di tunggu komentarnya yah ..

  15. Nadin says:

    ass
    kak , , mau nanya . . .awal pake soflent baik2 aja . . pas 2 bulan pas dpake mataku jadi merah ato iritasi . . . it krn apa sih ?! soflens rusak yah atw bgmn . . ? jwb y kak . .

  16. okky says:

    kalo softlens normal(buat cosplay biasanya)itu ada pengaruhnya juga?

  17. Hzty says:

    info sekelebatan aja bagi mata minus. penggunaan kacamata itu rentan menambah minus pada mata , namun penggunaan soflens mampu mengurangi minus pada mata :)

  18. diki sulaeman says:

    makasih informasinya…

  19. apri says:

    kenapa ya saia kalu pake soflens stlh dibuka seprti orng buta gitu penglihatan jadi ga jelas,,,,mata sakitt kali dipejamkan

  20. Apa ciri” awal dari penyakit tersebut??

    • aboedman says:

      Biasanya gejala berupa keluhan penurunan tajam penglihatan secara progresif (spt rabun jauh memburuk secara progresif). Penglihatan seakan-akan melihat asap dan pupil mata akan bertambah putih. Pada akhirnya apabila katarak udah matang pupil akan tampak benar-benar putih, sehingga refleks cahaya pada mata menjadi negatif. Bila katarak dibiarkan maka akan mengganggu penglihatan dan akan dapat menimbulkan komplikasi berupa glaukoma dan uveitis.

  21. ismi says:

    Kak say baru pertama kali menggunakan sof lens.mata say udah min 3/4 .pertma sya menggunakanya rsana g enak.pusing n mta sya rsna senut” g enak bget..??
    Itu pnybabna apa y kak..?? N pa msh bisa sya pke lg ato berhnti menggunakanya..??
    mkch kak

    • aboedman says:

      Ya, memang rasanya seperti itu, sama sepertii baru mamakai kacamata..

      klo mau make softlens bertahap aja..
      misal hari pertama penggunaan 1 jam saja..
      klo hari kedua dan ketiga 2 jam..
      hari ke empat dan kelima 3 jam..
      dan selanjutnya…

  22. arhyn says:

    apa bisa pada saat kita menggunakan softlens smbil mnggunakan kca mata minus kak ? apa ada pengaruhnya ya ?

    • aboedman says:

      Boleh dong… :D

      Asal jangan dua2 (kacamata+softlens) nya minus ya…!
      salah satu aja.. klo kacamatanya minus,,, ya pake softlensnya yang PLANO (tidak ada minus/netral)

      Klo kacamatanya ga ada minus,, ya pake softlensnya yang minus.. biar tetep bisa ngeliat..

      Tp emang yg belum biasa ngeliat sih aneh,, paling dibilangin ma org “masa pake softlens pake kacamata juga” hehehe…

  23. Boleh saya tanya2 . Knpa ya klo saat pertama memakai softlens mata saya terasa perih dan merah tetapi perihnya engga lama hanya sewaktu pertama kali di pasang aja.
    Jadi apa penyebabnya ? Dan gmna agar pertama kali pakai tidak perih ? Saya tunggu balasannya

    • aboedman says:

      Kemungkinan tangan / sofltens anda belum bersih sempurna. Pastikan jika anda membersihkan tangan anda dengan menggunakan sabun, bilas sampai benar-benar bersih tanpa sisa sabun.
      Bersihkan softlens dengan cairan softlens (multipurpose) minimal 30 detik sebelum digunakan dan setelah digunakan.
      Perhatikan softlens sebelum digunakan, apakah masih ada debu / tergores / rusak. Sebaiknya jangan gunakan softlens yang telah rusak / tergores karena akan mengakibatkan iritasi mata dan tambah parah.

  24. intanps says:

    posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya

    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/

    ditunggu ya ^^

  25. cindy says:

    saya blh taw ttg bku pustaka yg d pke g??
    saya bth untuk membuat tgs..
    tlg d blz s’cptnya..
    thx :D

  26. Marin says:

    aku pengguna softlens yg uda ckp lama , smenjak lulus sekolah aku beraniin pake softlens karna aku pikir mmg jauh lebih modis di banding kita pake kaca mata minus..selama ini aku pake sih alhamdulilah gada yang aneh2 , paling klo pas aku pake perih…aku akan cuci soflens nya berulang2 dan abis itu pas dipake pasti softlens nya terasa seger banget d mata…tp perna sih smpet terjadi iritasii matanya merah slama 4 harian tp itu di karenakan aku beli softlens yang ukuran lebih bsar dari kornea mata umumnya…nama nya softlens big eye..tp ak pikir itu hanya permulaan ajja, dan so far aku masih nyaman pake softlens stiap hari..intinya, klo kita pakai nya baik n benar…pasti gada masalah sis… ^_^

  27. Arien says:

    Emb… Klau sy prnah pake softlens tp trasa ngganjal banget dimata.. Mungkin waktu nyuci kurang bersih kali ya?? Hehe..
    Teruz pernah juga sampe bergeser kedalam mata. Istilahnya ap.. Sy kurang tau..hehe.. Sy sampe kawatir klau terjadi yg engk_engk.. Untung aja masih bisa diambil. Tenang deh rasanya.. :)
    Tapi itu gak buat sy kapok menggunakan softlens.

  28. ichaputri says:

    sy termasuk pemula dlm menggunakan softlens,, sy sering bepergian dg spda motor, dan rasanya mata sy sdkit skit untuk berkedip klo sdang naik mtor.. kira2 krna apa ya??

    • regita amadea says:

      kl tdk slh itu d sebabkan softlens itu tdk d anjurkan untuk terkena debu. Jd kl bs jgn pakai softlens saat naik motor

  29. nida says:

    hhiiiiiiiiiiiiii.. takut ah..

  30. mayya says:

    hallo ,, uda 2thunan ku pake softlens ,nyaman sii pake softlens krn mata ku memang uda minus , tapi kdg qlo uda beberapa hari ga pake, mata jd sensitif sama cahaya ,,

  31. Hati2 bagi yang punya softlens selalu perhatikan itu yang namanya cairan pembersih atau yang buat merendam/nyimpan.. klo didiemin bakalan mengkristal.. seperti punya saya.

  32. Pingback: kesahatan » Bahaya soft lens

  33. yunita says:

    kenapa yaa aku baru aja pake softlanse tapi sudah merasakan sakit padahal aku baru kali ini menggunakan softlanse , dan untuk cara penggunaan sudah mengikuti anjuran yang telah diberikan , tapi knpa rasanya saat mengedipkan mata perih banget ?
    aku takut terjadi apa2 . untuk sarannya gimana yaa ?

    makasih :)

    • aboedman says:

      itu perih atau mengganjal?
      klo perih sih lebih baik jangan dilanjutkan.

      klo rasanya seperti ada yang mengganjal itu mungkin gara2 minus yang besar atau jenis softlens yang tebal.

      lebih baik ganti softlens yang sesuai untuk jenis mata sis,. Konsultasi ke dokter mata adalah pilihan tepat sis.. :D

  34. Ayu says:

    Gmn kl mnggnakan soft lens lebih dr masa pakai..?
    Soft lens yg sering sya beli masa pakainy 6 bln, kl dpkai lbh dr wktu itu gmn ya..?

    • aboedman says:

      Jangan dipakai sis,. bahaya tuh.. ntar iritasi, infeksi, serem deh pokok’ya…

      Oia cuma ngingetin doank, klo masa pakai dengan masa kadaluarsa itu berbeda.. :D

  35. Meliana says:

    halooo..
    saya memakai softlens sudah -+ 3tahun,, slama itu saya memakainya tdk apa2 (tdk tjadi iritasi lebih tepatnya),,tetapi 1bln yang lalu saya membeli softlens lagi,,selang wktu 2minggu saya merasakan ad yang mengganjal di mata kanan saya,saya pikir mungkin softlensnya kotor,jadi saya rendam dgn tablet rendam.. dan 2hari kmudian ketika saya memakai softlens kembali siang harinya mata saya merah namun tidak sakit,, esok harinya saya memakai kacamata lagi,karena saya berpikir mungkin mata saya harus istirahat dulu… setelah 3hari saya kembali memakai softlens lagi namun tetap sama merah kembali,, saya bingung kenapa ya sperti itu… ??? padahal sperti itu saya jarang mengalaminya….

    tolong bantu saya untuk informasinya… tq… gbu

    • aboedman says:

      Maaf,,
      pendapat saya sih softlens yang digunakan saat/ membuat iritasi mata adalah softlens yang tidak cocok dengan mata anda..
      Karna softlens juga dibuat menggunakan bahan kimia juga..
      softlens juga memiliki kadar air dan diameter lens yang berbeda-beda.

      mungkin jika anda menggunakan softlens sejenis dengan yang anda gunakan selama 3 tahun itu lebih nyaman.

      Jadi untuk lebih jelasnya silahkan hubungi dokter mata di dekat rumah anda..
      ^_^

      n.b.: ini bukan nasihat,. tp cuma komentar/pendapat saya.. ^_^
      Dan Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.. ^_^

      • icha says:

        bukan, itu karena softlense nya barang reject..
        tuker aja ke toko nya.. biasanya sih bisa kalo udah langganan.
        barang reject itu , yaa yang rada gagal gitu. jadi ukuran kanan dan kiri ga sama, makanya salah satu nya berasa ga pas / kendor pas di pake.

    • geo softlens says:

      Sebenarnya jika menggunakan softlens sesuai dengan petunjuk yang diberikan, softlens tidak akan menimbulkan bahaya mayor untuk mata. Kebanyakan mata merah akibat pemakaian softlens adalah tidak steril saat pemakaian. Untuk pemakaian sebaiknya tidak terus menerus sampai dipakai sewaktu tidur, karena perputaran bola mata sewaktu tertidur dapat membuat softlens berpindah ke area dalam mata. Perlu diperhatikan juga kecocokan antara lens solution dengan mata anda, jika tidak sesuai seringkali menyebabkan perih dan iritasi. Pada beberapa kasus, ada juga tipe mata yang sangat sensitif dan tidak boleh memakai softlens.

      • ella says:

        Waktu awal pakai soflen mata sy ga terasa gatal tp sejak 2 hari lalu mata sy jd gatal, itu kenapa ya?apa krg bersih ato emg ga cocok sm soflennya?

  36. putri says:

    mau tanya .. Klw mnus kurang dr 1 , ya atwpun 1 apaboleh pakai soft yg normal ?? Trmksh mohon d bls y ..

    • aboedman says:

      Kurang tahu tuh saya.. hehehe..

      setau saya orang yang matanya minus ntu salah satu obatnya ya kacamata.. Nah softlens kan salah satu kemudahan berkacamata.. ^_^

      Klo menggunakan softlens yang normal pada mata yang minus sebenarnya gapapa… Tetapi harus diperhatikan dampaknya..
      ketika kita sedang berkendara (menyetir/sbgai pengemudi) atau sedang dijalan.. Sangat berbahaya sekali untuk pengemudi dan pejalan, ketika mata kita “tidak awas”..

      n.b.: ini bukan nasihat,. tp cuma komentar/pendapat saya.. ^_^
      Dan Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.. ^_^

  37. ung says:

    thanks infonya.
    saya masih pemula softlens nih.

    pertama kali makai ga ada masalah, tapi pas yang kedua kok malah berbayang. kenapa ya?

    klo dibalas jangan lupa berkunjung, biar saya bisa berkunjung lagi.

    • aboedman says:

      Ada beberapa kemungkinan,, saya kurang tahu.. mungkin nh,, mungkin ya.. pemakaian yang kedua tidak memenuhi syarat penggunaan softlens yg benar.. mungkin anda tidak mencuci softlens setelah dan sebelum menggunakan, jangan lupa untuk meneteskan obat mata khusus pengguna softlens sebelum dan sesudah menggunakan softlens.. untuk menghindari mata kering..
      sekian kiranya pendapat dari saya.. semoga membantu..

  38. vina says:

    sya srink bgt mrawat softlens sya hngga pda wktu pncucian’a trbilang strill lakh?
    sya jga srinx mmbrshkan tngan sya dgn sbun apbla klo mau pkai softlens?
    tp knp pas sya sdah memakai softlens mata sya jdi gtal”nd mrah..!!

    tlonk kcih twu knp bza trjdi bgitu,apkah alergi or gangguan lain?

    • Arief says:

      Menurut saya sih banyak kemungkinan’ya.
      Mungkin saja waktu mencuci tangan belum bersih betul (masih ada sabun yang tersisa di tangan).
      Mungkin saja memang sudah bersih semua / steril tapi waktu hendak ingin memakai softlens terkena debu dari luar atau dari mana gitu..
      Atau …
      lebih baik tanyakan langsung ke dokter anda..

  39. reny wasono says:

    hmmmm…
    padahalm baru aja mau beli softlense.. jadi urung ni niatnya…
    btw, aku kemarin uda iritasi mata si, gara2 tidur pake softlense.. hmmm

  40. juju says:

    mta sy minus 4,25 n sya penguna softlens,, jujur klo pk softlens lbh prktis( dtmbh lg itu pun utk mnujang krja,, krna sy krja sbg cabin crew) dan sya selalu mengunakan softlens bhkan bs2 lbh dr 8 jam…
    Dan syukurnya slma pk softlens,, gk ngrasain iritasi dan perih.. Bhkan slma pk lbh dr 8jam sy gk prnah meneteskan cairan kusus softlens(krna sy gk mrsakan ada nya iritasi) tp tmn2 sya yg lain yg mngunakn softlens mlh sering mengunkn tetesan air softlens kdlm mta yg sdh d psng softlens trsbt,, bhkan bs dr per3jam sekali..
    Krna tmn sy bil klo gk ditetessen bs kering n merah mtanya…

    Klo ada case kya gt gmn ya??
    Sy msk dlm kategori apa??
    Trs apa bnr ya klo pengunaan softlens itu mlh bkin cpt nambahin minus???
    Thx

    • Arief says:

      Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?
      Jika dirasa tidak membahayakan, dan sudah terbukti tidak ada masalah, ya jangan dijadikan beban pikiran.. Anda beruntung.

      Menurut saya (karena saya bukan ahlinya / dokter): Mata minus bertambah dikarenan beberapa hal, diantaranya karena makanan (kurang vitamin A khusus’ya); tidak seimbangnya kebiasaan mata (dalam kondisi ruang / kondisi alam), maksudnya mata harus seimbang antara melihat didalam ruangan, dengan kondisi di alam bebas; kebiasaan melihat benda dari jarak yang cukup dekat; suka / kebiasaan / sering melihat dan/atau membaca dengan cahaya yang kurang; membaca/melihat sesuatu (misal hp, buku) dengan/sambil tiduran (b’baring).; dsb. ^_^
      oia jangan terlalu banyak minum/makan supplement / obat. Karena kurang baik untuk kesehatan. lebih baik makan buah2an dan sayur2an segar.. Dengan pengolahan yang tepat dan mantap.. ^_^

      Jadi, mata b’tambahnya minus bukan karena softlens atau kacamata. Karena kebiasaan kita (pola hidup)..

      Konsultasilah hanya dengan ahlinya (dokter)

      kira2 begitulah pendapat saya. Mungkin ada yang punya pendapat berbeda?? ahlinya mungkin jika ada…
      Mudah2an ini membantu anda.

      Thanks sudah berkunjung ke blog saya..

  41. khystine says:

    klo softlense dipakai terlalu lama apalagi sampai dipakai tidur memang justru membahayakan…
    karna waktu tidur,, kondisi softlense menjadi kering…
    saya pernah mendengar,, penggunaan soflense sebaiknya maksimal 8 jam/hari…
    tidak baik menggunakan soflense terlalu lama karna sama saja tidak memberikan waktu bagi mata kita untuk bernafas.. :)
    sebaiknya soflense digunakan saat kita berpergian saja,, sesampainya di rumah,, cuci tangan lalu melepas softlense,, jadi tidak akan ada masalah pada mata kita karna penggunaan softlense terlalu lama.. ^^,

    • Arief says:

      Setuju juga mba.. :)
      iya.. klo ingin kontak dengan mata harus hati2,, tangan atau benda yang akan kontak dengan mata harus sterile.. agar tidak berbahaya / terkontamionasi dengan bakteri / virus ..

      Oia product softlens dari GEO bagus lho.. dy punya pori2 yang banyak.. jadi mata bisa seakan bernafas.. hehehe. ==> promosi product GEO Medic.. (itu kata salah seorang penjual softlens GEO)
      karena saya juga menggunakan softlens dari GEO Medic.. waktu itu juga pernah sempat tertidur dengan menggunakan softlens,, tetapi untungnya tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan.

      Tertapi memang lebih baik (sangat disarankan) untuk tidak menggunakan softlens pada waktu tidur..

      Terima kasih telah berkunjung ke blog saya…

  42. DAME says:

    thanks buat infonya…tapi mungkin klu hanya pake buat sekali2 (gaya) ga papalah, yah klu emang soft lensa nya ga di buka2 waktu tidur yah jelas bahaya. saya pikir soft lensa di buat sampai saat ini utk asesoris aja

    • Arief says:

      Yupz..,, setuju banget.. Ga apa2 lah klo cuma untuk gaya.. biar kliatan’ya gimana gitu.. hehehe.. ^_^

      Pernah juga saya lupa melepas soft-lens ketika tidur,, untung’ya tidak terjadi apa-apa..

      btw,, thanks udah mw berkunjung di blog saya..

Leave a Reply

