CARA PAKAI


Cara Memakai

Saat pertama kali memakai softlens, mungkin kamu akan merasa sedikit cemas dan itu hal yang wajar, tapi setelah pakai kamu akan terbiasa seiring dengan waktu.

Langkah pertama, pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh lensa. Mencuci tangan disarankan menggunakan Sabun Bayi atau dengan cairan pembersih khusus  softlens, dan hindari memakai sabun yang mengandung deterjen.

Selanjutnya, keringkan tangan terlebih dahulu dengan handuk atau tissue yang bersih.

Langkah kedua, cara terbaik memakai softlens ialah dengan mengambilnya dari tempat lensa dan menempatkannya di ujung jari telunjuk.

Selanjutnya, dengan bercermin, tariklah ke bawah kelopak mata bagian bawah dengan jari tengah tangan yang terdapat softlens.

Tarik ke atas kelopak mata bagian atas dengan jari telunjuk tangan yang tidak terdapat softlens kemudian arahkan penglihatan ke atas.

Tempatkan softlens pada bagian bawah mata yang berwarna putih (tahan agar tidak berkedip sebelum softlens menempel).

Langkah ketiga, Setelah softlens menempel di mata, segera tutup mata kamu, dan kedipkan mata beberapa kali. Saat itu softlens akan menemukan posisi yang tepat.

Lakukan hal yang sama pada mata yang belum terpasang.

Dengan sedikit latihan, kamu akan mahir memasukkan lensa dengan cepat tanpa masalah lagi.

Cara Melepas

Langkah pertama, Siapkan tempat softlens dan tetesan mata.

Kemudian, pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh lensa. Mencuci tangan disarankan menggunakan Sabun Bayi atau dengan cairan pembersih softlens, dan hindari memakai sabun yang mengandung deterjen.

Jika mata terasa kering, sebelum melepaskan softlens ada baiknya meneteskan mata dengan cairan tetes mata khusus softlens. Cairan ini agar mata tidak terasa kering.

Langkah kedua, buka kelopak mata bagian atas dan bawah dengan cara menariknya dengan jari tengah tangan yang hendak melepas softlens di kelopak bawah. Dan, jari tengah tangan yang tidak melepas softlens di kelopak atas.

Jangan takut untuk menempelkan jari telunjuk tangan yang hendak melepas softlens pada softlens yang menempel di mata karna tidak terasa sakit.

Kemudian dengan telunjuk terebut gerakan softlens kebawah pada bagian mata yang berwarna putih. Tekan softlens dengan jari telunjuk dan ibu jari dan angkat arah keluar dari mata.

Langkah ketiga, letakan softlens pada tempat softlens yang sudah disediakan.

Lakukan hal yang sama pada mata yang belum terlepas.

Pemakaian bagi pemula sebaiknya dilakukan secara bertahap, 2 jam hari pertama, 4 jam hari kedua, 6 jam hari ketiga dan 8 jam hari keempat.

Advertisements

13 Responses to CARA PAKAI

  1. shilva says:

    Min,supaya soflens ga naik keatas sesudah netesin cairan soflens itu gimana ya?aku uda dua kali begitu. tp Alamdullilah bisa turun lagi soflensnya. Terimakasih:)

  2. Anjani says:

    Saya sudah 2th pkek Sflens,Tapi baru kli ini soflen yg sya pkay engak nyaman,Trus agak panas gitu di mata,Jadi takut??

  3. Efan says:

    mau nanya cara supaya ga takut pegang mata itu gimana? soalnya tiap mau masang ada rasa takut gitu jadi udah kedip duluan

  4. arisa says:

    kalo saya sih msih gg berani make softlens ..-_-

  5. ana says:

    kalo buram n gak nyaman tuh bisa aza soft lensnya kebalik, kata petugas optiknya sih gitu…

    • LY says:

      Terbalik bagaimana?! mksudnya sehrusnya soflent dimata kanan ini malah dimata kiri gtu?!

      • ABoedMan says:

        Terbalik bagian luar dan dalam.
        Maksudnya bagian cekung dan cembung itu.. Karena softlens itu lentur. Bisa kebalik.. Lihat gambar saja..

        Terima kasih sudah berkunjung..

  6. silvia says:

    Saya umuir 16 th baru pertama kali pakai soflen merk ice n’7. Kok merasa agak ngeganjel trus pandangan sedikit buram. Itu kenapa ya? Wajar baru pertama kali apa ada yg salah ? Trims 🙂

    • aboedman says:

      Klo rasa ‘ngeganjel’ itu wajar.. karena mata tidak biasa, atau softlens agak tebal dikarenakan minus yang tidak kecil sehingga softlens memang rada tebal..
      Klo buram,, mungkin membersihkannya kurang bersih..
      karena sewajarnya memakai softlens tidak buram.. kecuali mata minus menggunakan softlens yang plano (tidak ada minus)..
      🙂

      Kurang lebihnya tanyakan pada dokter 😀

      • danuaryas says:

        Soflens saya buram jika di pakai. Ketika di basahi buram hilang. Namun selang beberapa menit soflen jadi buram lagi. Pas saya cek dengan bayangan lampu terlihat seperti ada kabut putih di kontak lens/ tidak bening. Itu bagaimana menghilangkanya ya? Saya gosok juga tidak berhasil.

      • aboedman says:

        Udah jamuran? Perlakukan softlens dgn lembut.. jgn d gosok. Nti lecet.. ganti baru aja.. 😉

      • danuaryas says:

        Soflens saya baru beli. Sayangnya saya ketiduran saat pake soflen kurang lebih 3 jam. Apakah soflens baru bisa langsung berjamur karena ktiduran?

      • aboedman says:

        Ga dong.. mungkin karena kering. Jdnya rusak itu softlens..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s